Konsep Umum Informatika Keperawatan

Kali ini kita akan membahas seputar Konsep umum Informatika Keperawatan. Kira-kira apa saja yang akan kita pelajari dalam pembahasan kali ini ya? Mari kita simak pembahasannya berikut ini:


Konsep Umum Informatika Keperawatan
Definisi
Informatika dalam hal ini mengacu pada ilmu pengetahuan tentang sistem informasi komputer. Sehingga “Informatika Keperawatan” dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan mengenai sistem informasi komputer yang digunakan dalam praktik keperawatan (Kurniadi, 2020). Definisi ini tidak jauh berbeda dengan apa yang telah diungkapkan dalam buku Fundamental Keperawatan (Kozier, Erb, Berman, Snyder) yakni Informatika Keperawatan merupakan pengetahuan tentang penggunaan sistem informasi komputer dalam praktik keperawatan.

Sejarah
Awal mula penggunaan sistem informasi dalam keperawatan yaitu sekitar 42 tahun yang lalu, tepatnya ketika konferensi Sistem informasi Keperawatan pertama kali diselenggarakan di Amerika Serikat pada tahun 1977. Pada saat itu perawat dianggap telah mengambil berbagai langkah penting dalam pemanfaatan teknologi komputer guna meningkatkan asuhan dan pendidikan klien, administrasi dan manajemen, serta penelitian dalam keperawatan.

Seiring berjalannya waktu, teknologi pun terus semakin maju sehingga perawat ditantang untuk terus merancang, beradaptasi dan mengikuti perkembangan teknologi tersebut.

Konsep Umum Informatika Keperawatan
Dalam bab ini membahas seputar perangkat lunak dan perangkat keras komputer yang umum dijumpai perawat dalam tatanan kerjanya.

a. Perangkat Keras Komputer
Ukuran perangkat keras komputer sangat bervariasi. Perangkat keras komputer mengacu pada bagian fisik komputer (contohnya CPU, Monitor, Mouse, Keyboard, dll).  Perangkat keras memungkinkan penggunaan memasukkan data ke dalam komputer, melakukan pemrosesan data dalam komputer dan menghasilkan output komputer.

Peranti Masukan
Terdapat berbagai cara dalam memasukkan informasi ke dalam komputer. Metode yang paling umum adalah menggunakan papan tombol (keyboard). Mouse/tetikus adalah peranti petunjuk dengan tombol yang digunakan untuk memilih item atau untuk memulai tindakan. Selain itu, layar komputer dapat berespon terhadap sentuhan jari atau dengan touchpad yang bisa memudahkan dalam memasukkan data dalam komputer bahkan mikrofon pun dapat berespon terhadap perintah suara.

Peranti Keluaran
Hasil pemrosesan data komputer biasanya ditampilkan pertama kali pada layar monitor dan kemudian melalui printer untuk disalin/dicetak dalam kertas. Kualitas monitor dan printer pun beragam, semakin besar pixel atau dot per inch (dpi) maka semakin baik resolusi yang ditampilkan.

Peranti Komunikasi
Terkadang data komputer perlu dikirim jarak jauh ke komputer lain, istilah ini sering disebut “sambung jaring” (online) yang mengacu pada terhubungnya komputer satu dengan komputer lainnya dalam satu jaringan.

b. Perangkat Lunak Komputer
Komputer sangat berguna karena orang dapat memerintah perangkat keras untuk melakukan tugas tertentu. Perintah ini disebut dengan aplikasi, program atau perangkat lunak. Banyak berbagai macam aplikasi yang dapat mendukung dalam dunia keperawatan, antara lain:
  • Pemrosesan kata: program untuk mengolah kata-kata. (ex: Ms. Word)
  • Lembar lajur: program untuk mengolah angka. (ex: Ms. Excel)
  • Pangkalan data: program yang digunakan untuk mengelola berkas atau kelompok file informasi detail mengenai orang atau benda. (ex: SIRS)
  • Program grafik presentasi: program untuk membuat slide show yang biasa digunakan untuk penyuluhan atau presentasi penelitian (ex: Ms. Power Point)
  • Komunikasi program yang dirancang untuk saling berkomunikasi. (ex: email, wa, dll)

Selain hal yang telah disebutkan diatas, tentunya masih ada lagi contoh perangkat keras dan lunak lainnya. Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat maka kita sebagai perawat juga harus beradaptasi dan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan khususnya terkait teknologi yang mendukung dalam praktik keperawatan. Cukup sekian pengantar konsep umum informatika keperawatan. Nantikan artikel seputar kesehatan lainnya hanya di pakmantri.com.

Penulis: Deby Kurniadi

Comments