Teori Keperawatan Jean Watson

PakMantri akan menjelaskan seputar teori keperawatan Jean Watson: Human Caring. Kami akan menjelaskan teori ini mulai dari biografi, pendidikannya, hingga teori keperawatan Jean Watson.

Teori Keperawatan Jean Watson


Biografi Singkat
Margaret Jean Harman Watson PhD, RN, AHN-BC FAAN, lahir pada tanggal 10 juni 1940 dan dibesarkan di sebuah kota kecil di daerah Virginia Barat, Pegunungan Appalachian bernama kota Wetch. Jean Watson merupakan anak bungsu dari 8 bersaudara. Jean Watson menikah dengan Douglas kemudian tinggal di Colorado.

Jean Watson adalah seorang ahli teori perawat dan profesor keperawatan Amerika yang terkenal dengan "Philosophy and Theory of Transpersonal Caring". Dia juga telah menulis banyak buku, termasuk Nursing: The Philosophy & Science of Caring. Studi Watson tentang perawatan telah diintegrasikan ke dalam pendidikan dan perawatan pasien ke berbagai sekolah perawat dan fasilitas kesehatan di seluruh dunia.

Pendidikan
Jean Watson menyelesaikan sekolah menengah atas di Virginia Barat, kemudian melanjutkan pendidikan di Roanoke, Virginia Selatan tepatnya di Lewis Gale School of Nursing. Ia lulus pada tahun 1961. Jean Watson mendapatkan gelar sarjana keperawatan pada tahun 1964 di University of Colorado. Kemudian, mendapat gelar master dari program keperawatan jiwa pada tahun 1966. Gelar doktor bidang pendidikan psikologi dan konseling ia raih pada tahun 1973 di Sekolah Pascasarjana kampus Boulder.

Teori “Human Caring” dari Jean Watson
Saat ini, banyak orang memilih keperawatan sebagai profesi. Ada banyak alasan untuk dipertimbangkan dalam menjadi seorang perawat professional. Mengurus kebutuhan pasien adalah tujuan utamanya. “Filsafat dan Teori Kepedulian Transpersonal” Jean Watson terutama menyangkut bagaimana perawat merawat pasien mereka, dan bagaimana kepedulian itu berkembang menjadi rencana yang lebih baik untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, mencegah penyakit dan untuk memulihkan kesehatan.

Di dunia saat ini, keperawatan tampaknya merespons berbagai tuntutan mesin dengan kurang mempertimbangkan kebutuhan orang. Dalam pandangan Watson, penyakit ini mungkin disembuhkan dengan mesin, tetapi penyakit akan tetap ada karena, tanpa perawatan, kesehatan tidak tercapai. Merawat adalah inti dari keperawatan dan berkonotasi responsif antara perawat dan orang; perawat ikut serta dengan orang tersebut. Watson berpendapat bahwa kepedulian dapat membantu orang untuk mendapatkan kontrol, menjadi berpengetahuan, dan mempromosikan perubahan kesehatan

Apa itu Teori Peduli Transpersonal Watson?
Menurut teori Watson, "Keperawatan berkaitan dengan peningkatan kesehatan, mencegah penyakit, merawat orang sakit, dan memulihkan kesehatan." Ini berfokus pada promosi kesehatan, serta pengobatan penyakit. Menurut Watson, merawat adalah pusat praktik keperawatan, dan meningkatkan kesehatan lebih baik daripada pengobatan medis sederhana.

Model keperawatan juga menyatakan bahwa perawatan dapat didemonstrasikan dan dipraktikkan oleh perawat. Merawat pasien meningkatkan pertumbuhan; lingkungan yang peduli menerima seseorang apa adanya, dan melihat seperti apa dia nantinya.

Konsep transpersonal adalah hubungan intersubjektif manusia-ke-manusia di mana perawat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang lain. Keduanya hadir sepenuhnya pada saat ini dan merasakan persatuan dengan yang lain; mereka berbagi bidang fenomenal yang menjadi bagian dari kisah hidup keduanya.

Asumsi
Model Watson membuat tujuh asumsi:
  1. Peduli dapat ditunjukkan secara efektif dan dipraktikkan hanya secara interpersonal.
  2. Peduli terdiri dari faktor carative yang menghasilkan kepuasan terhadap kebutuhan manusia tertentu.
  3. Perawatan yang efektif meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan individu atau keluarga.
  4. Respon peduli menerima pasien seperti apa adanya sekarang, serta menjadi seperti apa dia sekarang.
  5. Lingkungan peduli adalah lingkungan yang menawarkan pengembangan potensi sambil memungkinkan pasien memilih tindakan terbaik untuk dirinya sendiri pada titik waktu tertentu.
  6. Ilmu merawat saling melengkapi dengan ilmu penyembuhan.
  7. Praktek merawat adalah pusat dari keperawatan.
10 Faktor Karatif dan Proses Caritas
Watson merancang 10 faktor karatif yang spesifik untuk kebutuhan perawatan. Sepuluh faktor utama karatif dengan terjemahannya yang sesuai ke dalam proses caritas klinis tercantum dalam tabel di bawah ini:
KONSEP UTAMA atau KONSEP MAYOR
Filsafat dan Sains tentang “Caring” memiliki empat konsep utama: manusia, kesehatan, lingkungan atau masyarakat, dan keperawatan.

Manusia
Manusia adalah orang yang dihargai untuk dirawat, dihormati, dipelihara, dipahami, dan dibantu; secara umum pandangan filosofis seseorang sebagai diri terintegrasi yang berfungsi penuh. Manusia dipandang lebih besar dan berbeda dari jumlah bagian-bagiannya.

Kesehatan
Kesehatan adalah kesatuan dan harmoni dalam pikiran, tubuh, dan jiwa; kesehatan dikaitkan dengan tingkat kesesuaian antara diri yang dipersepsikan dan diri yang dialami. Ini didefinisikan sebagai tingkat tinggi keseluruhan fungsi fisik, mental, dan sosial; tingkat pemeliharaan adaptif umum yang berfungsi sehari-hari; dan tidak adanya penyakit, atau adanya upaya yang menyebabkan tidak adanya penyakit.

Lingkungan atau Masyarakat
Masyarakat memberikan nilai-nilai yang menentukan bagaimana seseorang harus berperilaku dan tujuan apa yang harus diusahakan. Menurut Watson:
“Peduli (dan menyusui) telah ada di setiap masyarakat. Setiap masyarakat memiliki beberapa orang yang peduli pada orang lain. Sikap peduli tidak diturunkan dari generasi ke generasi oleh gen. Ini ditransmisikan oleh budaya profesi sebagai cara unik untuk mengatasi lingkungannya.”
Keperawatan
Keperawatan adalah ilmu pengetahuan manusia tentang manusia dan pengalaman penyakit kesehatan manusia yang dimediasi oleh transaksi perawatan manusia yang profesional, personal, ilmiah, estetis, dan etis.

Seperti itulah teori keperawatan dari Jean Watson tentang “Human Caring”, semoga bermanfaat.

Penulis: Deby Kurniadi

Comments