Terapi Komplementer SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique)

Pengertian
SEFT adalah singkatan dari Spiritual Emotional Freedom Technique. SEFT ini adalah versi emosi dari akupuntur, hanya tidak menggunakan jarum tapi yang digunakan adalah jari kita. Tekniknya dengan cara mengetukkan dua jari kita dengan ketukan ringan di 18 titik meridian di 12 jalur utama energi tubuh.
Penemu & Sejarah SEFT
Penemu teknik ini adalah Dr. Roger Callahan yang kemudian disederhanakan oleh Gary Craig seorang insinyur dari Stamford University dan kemudian diberi nama teknik Emotional Freedom Technique (EFT). Di Indonesia, teknik tersebut disempurnakan dengan penambahan teknik doa kepasrahan oleh seorang psikolog bernama Achmad Faiz Zainudin.


Manfaat Terapi SEFT 
Teknik SEFT bermanfaat mengatasi berbagai macam keluhan fisik maupun psikis. Keluhan fisik misalnya pusing nyeri kepala, mual, sakit perut. Keluhan psikis misalnya merasa takut merasa sedih berlebihan, merasa cemas, merasa khawatir, merasa bersalah dan sebagainya. Teknik SEFT ini juga dapat untuk mengatasi kecanduan, antara lain: kecanduan rokok maupun kecanduan game.

Keluhan psikis tersebut ternyata berkaitan dengan keluhan fisik. Ketika keluhan psikisnya diobati keluhan fisiknya pun ikut membaik. Seperti yang kita ketahui dari berbagai macam penelitian, bahkan dari ilmu kedokteran bahwa ada hubungan antara fisik dan psikis seseorang. Seseorang yang sering stress bisa terpicu menjadi penyakit jantung, hipertensi dan lain-lain. Seseorang yang sering stress dan cemas bisa terpicu memiliki sakit maag.

Oleh karena itu, dengan teknik SEFT ini bisa membantu mencegah seseorang terkena beragai macam penyakit. Caranya adalah dengan setiap merasa tidak nyaman, setiap ada keluhan fisik langsung gunakan teknik SEFT ini untuk mengatasi keluhan-keluhan penyakit tersebut.

Tahap Kerja SEFT
Teknik SEFT merupakan gabungan dari beberapa teknik terapi, antara lain: teknik relaksasi, teknik psikoanalisa, teknik nlp, teknik Sedona metode, teknik powerful prayer, teknik energi psikoterapi dan teknik-teknik lainnya. Teknik SEFT terdiri dari 3 langkah yang mudah, yang pertama tahap the set-up, yang kedua tahap the tune in dan yang ketiga adalah tahap the tapping
1. Tahap The Set-Up adalah dengan cara menekan titik. ada dua titik, yaitu di dada kiri atas dan di tangan kiri. Titik di dada kiri atas kita ditekan sambil diputar disertai pengucapan doa kepasrahan sebanyak tiga kali. Misalnya: "Yaa Allah, walaupun saya merasa mual saya iklas dan saya pasrahkan kesembuhannya pada Mu".
2. Tahap The Tune In adalah tentang bagaimana kita fokus, fokus merasakan rasa nyeri tersebut, dimana area yang sakit, kemudian kita menerimanya dengan iklas dan pasrah. Caranya adalah dengan duduk rileks dan sambil fokus pada area yang sakit. Kemudian dalam hati kita mengucapkan "Yaa Allah saya iklas, saya pasrah". Untuk non muslim bisa menyesuaikan, misalnya kata "Yaa Allah" di ganti dengan "Yaa Tuhan".
3. Tahap The Tapping kita lakukan pengetukan pada 18 titik akupuntur untuk keluhan emosi. Sedangkan untuk keluhan fisik dilakukan hanya pada 9 titik akupuntur, mulai dari puncak kepala sampai bawah dada. Untuk keluhan emosi kita lakukan pada 18 titik meridian. Untuk titiknya bisa dilihat pada gambar berikut ini:

Seperti itulah, bentuk terapi komplementer SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) semoga materi ini dapat bermanfaat.

Penulis: Deby Kurniadi

Comments